Kelebihan Habbatus Sauda’

Habbatus sauda Apa itu Habbatus Sauda’ / Black Seed / Black Cumin, Habbah Barakah?



Telah banyak dilakukan uji coba baik pengobatan tradisional maupun medis untuk mencari sejauh mana kebenaran kenyataan ini. Di dalam Kitab At Tibbun Nabawi (Pengobatan Cara Nabi yang ditulis oleh Ibnu Qayyim Al Jauziyah), menyebut bahwa Habbatus Sauda dapat mengobati 50 jenis penyakit tanpa memberi efek samping.
The Journal of American Scientist melaporkan Habbatus Sauda bermanfaat untuk banyak penyakit karena ia mengandung antihistamine (pencegah alergi), antioxidant (pencegah kerusakan sel), antibiotic (pembunuh kuman), antimycotic (antikult) dan bancho-dilating effect (pengembang) saluran pernafasan.Nama biologinya adalah Nigella Sativa.
Di Eropa ia dikenali sebagai “black seed” atau “black cumin”. Di Malaysia dan Indonesia pula, ia dikenali sebagai “jintan hitam”. Manakala di Mesir, ia lebih dikenali sebagai “Habbah Barakah”(kerana keupayaannya mengobati berbagai jenis penyakit, Barakah di dalam bahasa melayu bermaksud rahmat). Banyak yang mengatakan Habbatus Sauda’ adalah penawar bagi segala penyakit, bisa merawat lebih daripada 50 jenis penyakit, juga telah digunakan secara meluas sebagai obat untuk merawat berbagai jenis penyakit semenjak 2000 tahun yang lalu.


Benarkah Habbatus Sauda’ merupakan penawar bagi segala jenis penyakit?
Dr. Micheal Tierra, penulis buku “Planetary Herbalogy” menemukan Habbatus Sauda atau Black Seed mengandungi betasitosterol yaitu bahan untuk anti kanker yang ganas.
Kamus kedoktoran “Larousse” menjelaskan bahwa Habbatus Sauda berfungsi untuk mengeluarkan angin perut (kembung), menambahkan gairah seks, dan melancarkan darah haid.
Seterusnya, terdapat sebanyak 14 hadis sahih yang menceritakan kehebatan dan kelebihan Habbatus Sauda’ antaranya adalah:-
Dari kitab As Shahihain dari Abu Salamah RA dari Abu Hurairah RA bahawa Rasulullah SAW bersabda: “gunakan Habbah Sauda kerana di dalamnya terdapat obat dari segala macam jenis penyakit kecuali As sam (maut)” HR Bukhari.
Seruan Islam dalam mengobati penyakit
Agama Islam adalah agama yang kaffah, sempurna dan komplit. Maka bagaimana bisa kita dibiarkan mencari solusi sendiri di luar Islam. Selama ini kita hanya mengenal agama Islam ini hanya menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan penyakit bathiniyah. Kalau demikian halnya, maka tidak pantas Islam dikatakan sebagai agama yang sempurna. Dari uraian di atas nyatalah bahwa di dalam mengobati penyakitpun kita didorong untuk tetap mengobati dengan cara yang Islami. Dan sudah pasti, obat dan terapi yang ditawarkan Nabi saw ini bukanlah terapi yang biasa-biasa saja. Kalau hanya biasa-biasa saja tentunya Rasulullah saw tidak akan menyebutnya secara khusus.
Bagi saudara-saudaraku yang saat ini hampir berputus asa akan kesembuhan penyakitnya, janganlah patah semangat di dalam mencari kesembuhan. Lihatlah lagi apa yang dibawa Rasulullah saw. Disana ada kesembuhan bagi semua penyakit, jasmani maupun rohani. Kalau kita mau dan percaya menelan obat yang diresepkan oleh seorang dokter, siapapun dokter itu, maka mengapa kita tidak mau sedikit saja menoleh kepada resep Rasulullah saw yang sudah lama diberikan kepada kita? Lihatlah, penyembuh segala penyakit ada di depan kita. Tetapi saat ini kita malahan banyak memberikan vonis “tidak ada obatnya” kepada banyak jenis penyakit. Masih adakah yang berpikir bahwa AIDS dan Flu Burung tidak ada obatnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow me