Mengatasi Gangguan Mata

Yang kami maksud dengan gangguan mata adalah gangguan yang timbul pada mata, bukan gangguan yang ditimbulkan oleh mata. Walaupun memang mata tidak mengganggu tetapi orang yang kritis bisa saja mempermasalahkan hal tersebut.
Sesungguhnya mata diciptakan untuk digunakan seumur hidup, sebagaimana halnya anggota badan yang lain.
Fungsi mata dapat terganggu oleh banyak hal. Kami tidak ingin mendiskusikan panjang lebar tentang mata dan gangguan-gangguan yang sering timbul padanya,tapi kami hanya bermaksyd membicarakan beberapa gangguan pada marata dan cara mengatasinya. Tentu saja tak semua gangguan mata yang kami bicarakan tetpi gangguan-gangguannatau cacat yang dapat ditanggulangi, yakni:
1. Mata Juling
Mata juling adalah mata dengan posisi yang tak serasi antara kiri dan kanan. Ini merupakan cacat yang dibawa sejak lahir, Cacar ini dapat diatasi dengan cara melatihnya. Pada bayi uang baru berusia 1-2 bulan, dengan latihan selama seminggu cacat ini akan sembuh. Makin bertambah usia, makin lama waktu yang dibutuhkan.

2. Mata Plus atau Minus
Sesungguhnya mata diciptakan Allah untuk kita pergunakan seumur hidup, sebagaimana halnya tangan dan kaki. Kalau tang dan kaki mengalami penurunan kemampuan, maka demikian pula mata. Akan tetapi banyak otang yang tangan dan kakinya masih dapat dipergunakan namun matanya tak berfungsi lagi, ada yang plus, ada yang minus dan sebagainya. Ada beberapa olahraga mata dan tindakan tertentu yang dapat memulihkan pengelihatan sehingga normal kembali.

3. Mata Merah
Mata merah  karena banyak sebab, umumnya karena infeksi. Mata adalah organ penting yang penanganannya perlu hati-hati. Pemakaian obat kimia secara sembarangan, lebih-lebih anribiotika dapat memperburuk keadaan. Rawatlah mata yang sakit dengan mencucinya dengan air suam-suam kuku yang ditempatkan dalam mangkuk. Mata dikedip-kedipkan di dalamnya. Lakukan beberapa kali sehari. Jangan biasakan menggosok=gosok mata karena menyebabkan urat-urat darah pada bola mata terangsang.

4. Mata Gatal
Untuk mengatasi mata gatal carilah daun sirih yang sudah tua, sebelum menguning. Cucilah bersih-bersih lalu remas-remaslah. Tempatkan daun sirih tersebut di dalam sebuah mangkuk. Seduhlah dengan air yang mendidih. Tunggu samai cukup dingi, suam-suam kuku. Cucilah mata dengannya dengan cara mengedip-ngedipkan mata di dalamnhya. Lakukan sua kali sehari.
Cara lain dapat juga dengan meneteskan madu asli pada mata yang gatal. Dengan cara ini kotoran mata terbawa keluar bersama air mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow me